Pages

Senja dan Pertemuan Singkat


Ia melihat senja dengan tatapan kosong, gadis itu seakan berbicara pada senja, ia berada di ambang kesedihan yang amat dalam, kesedihannya terpancar jelas dari raut mukanya. Hatinya seakan berkomunikasi pada senja, tatapan matanya seakan meminta harapan. Dan setiap senja itu berakhir ia menangis, menangis sampai ia benar-benar tak bisa melanjutkan tangisnya. Aku hanya memandang gadis itu dari kejauhan, sudah tiga hari aku mengamatinya, ia selalu berada di tempat ini saat senja tiba. Aku ingin sekali menghampiri gadis itu, tapi aku selalu ragu, aku tak ingin mengusik kesendiriannya. Apa ia butuh teman? Apa ia butuh seseorang untuk menghiburnya? Aku masih terus bertanya-tanya, mengapa aku begitu tertarik pada gadis itu? Aku kan tidak mengenalnya, bahkan namanya saja aku tidak tahu. Hatiku terus menuntutku untuk menemuinya. Dan aku mencoba memberanikan diri sekarang. “hay” kataku menyapanya. Ia terlihat terkejut dan mencoba menghapus airmatanya. “ada apa?” ia menjawab. “bolehkah aku duduk disini?” aku bertanya dengan gugup. “ya tentu!” Gadis itu terdiam. “apa yang kau lakukan disini?
Mengamati senja sampai senja itu berakhir?” aku kembali bertanya. Tapi, mengapa ia menatapku dengan tatapan marah, ia berdiri dan pergi. “hey mengapa kau pergi? Nona?” aku berteriak memanggilnya, tapi ia mengabaikannya, aku melihat gadis itu berlari, berlari sambil menangis. oh astaga apa yang kuperbuat? Apa aku menyakitinya dengan ucapanku tadi? Harusnya kan aku menghiburnya, bukan malah membuatnya menangis, ah bodohnya diriku.
Keesok harinya aku kembali melihatnya disini saat senja tiba, tanpa ragu aku mendekatinya “hey, maaf ya untuk perkataan ku kemarin” kataku berterus terang dan ia menatapku. “ya, tidak masalah..” “mengapa kemarin kau berlari dan menangis? apa perkataanku menyakitimu?” ia terdiam. “maaf, aku banyak bertanya.” Aku tersenyum lalu bangkit dari duduk ku. “kenapa kamu ingin tahu?” katanya menatapku. “aku hanya heran mengapa kau selalu menangis ketika senja berakhir?” “duduk lah jika kau ingin tau.” Katanya tersenyum. “ok aku duduk, lalu mengapa kau bersedih? Apa senja menyakitimu?” aku sedikit tertawa.. ia menatap ku lagi. “senja tidak membuatku bersedih, senja adalah sahabatku.” Ia menjawab dengan tenang. “sahabat? Bagaimana caranya kau berkomunikasi dengannya?” kataku penasaran. “jika kau mengerti senja, ia akan memberitahumu bagaimana caranya.” Ia bangkit lalu pergi sambil tersenyum padaku.. “hey tunggu, siapa namamu?” aku setengah berteriak, lalu ia menoleh dan berkata “rinjani”. Rinjani? Nama yang indah. Tapi apa mungkin aku bisa berkomunikasi dengan senja? Gumamku dalam hati.
Hari ini hujan turun, entah mengapa sore ini langit menangis setelah seharian ia marah dan membiarkan matahari memanggang kulit manusia yang beraktivitas dibawahnya. Selintas pikiranku menuju pada rinjani apakah ia berada di tempat kemarin? Tapi mustahil senja akan terlihat, awan mendung pasti akan menutupinya, tapi aku penasaran. “lebih baik aku kesana.” Gumamku. Setelah berada disana aku tak melihat sosok rinjani, hujan pasti telah membuatnya tak ingin berkunjung, kekecewaan menghampiri diriku. Aku duduk tertunduk di kursi ini sendirian dalam rintik hujan yang berusaha membasahi seluruh tubuhku. “hey” seseorang memanggilku, aku menoleh dan melihat sosok seorang gadis dengan payung yang tak asing bagiku. “rinjani?” aku tersenyum bahagia. “sedang apa kau disini? Berharap pelangi muncul setelah hujan reda?” ia tertawa kecil. “tidak, aku mengharapkan kehadiranmu.” Aku tersenyum. “aku sudah disini, lalu kau mau apa?” tanyanya dengan nada bercanda. “hmmm, mengajakmu melihat pelangi, walau hujan tak berhenti sampai malam hari. Bagaimana?” aku tertawa. “aku lebih ingin melihat senja ketimbang melihat pelangi” ia terdiam. “senja telah tiba, dia melihat kita tapi kita tidak melihatnya, jangan bersedih rinjani” aku tersenyum dan ia tertawa “ya aku tahu, siapa namamu?” Ia menatapku. “aku rama, salam kenal.” Aku menjulurkan tanganku.
Hari begitu cepat berganti, tak terasa kini aku dan rinjani semakin akrab, kami dipertemukan oleh senja, dan aku merasa senja ingin aku selalu bersama rinjani dan ia ingin aku menghapus semua kesedihan yang rinjani simpan. Terlalu banyak luka, terlalu banyak kesedihan yang rinjani rasakan. Rinjani bercerita banyak tentang hidupnya, dan aku menangis ketika ia menceritakannya semua itu, ia hidup sendiri, orangtuanya telah meninggal 5 tahun yang lalu, ia kesepian, dan ia berusaha tetap merasa bahagia walau orang-orang disekelilingnya menghancurkan hidupnya. Betapa malangnya hidup gadis ini. Satu-persatu orang yang ia sayang melukai hatinya, mulai dari sahabat, teman bahkan kekasihnya terdahulu. Aku kagum padanya, ia masih bisa bertahan saat semua orang yang ia sayang menyakitinya, ia tabah walau orang lain berusaha menghalanginya menggapai kebahagiaan. Rinjani itu wanita istimewa, banyak hal yang ku kagumi dalam dirinya, ia kuat, tabah, dan sederhana. Dan aku bertekad untuk membuatnya bahagia selama tuhan masih memberiku nyawa untuk hidup.
Sore ini aku pergi ketempat biasa aku bertemu rinjani, dan aku melihat rinjani sedang bernyanyi dengan gitarnya. Aku menghampirinya..
“When you love someone just be brave to say
That you want him to be with you
When you hold your love don’t ever let it go
Or you will lose your chance
To make your dreams come true..”
“suara yang indah.” Aku tersenyum. Ia berhenti memainkan gitarnya dan ia tersipu malu. “kau selalu datang tiba-tiba, seperti angin.” Ia memandangku. “mengapa berhenti? Suaramu indah, ayo teruskan!” “tidak, tidak suaraku buruk.” Ia tersenyum. “kau selalu merendah, aku kan memujimu, bukan merendahkan suaramu.” Aku tertawa. “aku tak ingin jika awalnya kau memuji, dan pada akhirnya kau malah merendahkanku.” Ia tersenyum. “ayolah, aku tak seburuk itu, lihat senja, ia masih menginginkan kau bernyanyi.” “senja atau kamu yang menginginkan aku bernyanyi? Haha alasanmu saja.” Aku tersenyum kecil dan bernyanyi.
“I used to hide and watch you from a distance
and i knew you realized
i was looking for a time to get closer at least to say… hello”
“ayo teruskan, aku yang memetik gitar, kau yang bernyanyi, jangan sungkan anggap saja aku patung yang memainkan gitarmu.” Aku tersenyum. “mana ada patung yang secerewet kamu.” Ia tertawa..
“Rinjani..” panggilku padanya, rinjani menoleh dan tersenyum.. “ini masih pukul 3 sore dan matahari masih membakar tubuh-tubuh manusia di bawahnya, sedang apa kau disini? Menunggu senja tiba?” aku tersenyum tapi ia tak menjawab. “ada apa rinjani? Kau beda sekali hari ini.” Aku terdiam, ada sesuatu yang berbeda pada rinjani, ia terlihat pucat tak secerah kemarin, apa ia sakit? “rinjani, kamu kenapa? Kamu sakit?” aku masih bertanya-tanya. “tidak, aku baik-baik saja rama. Jangan khawatir.” Ia tersenyum.. “oh syukur lah kalau begitu, apa yang kau lakukan disini? Matahari masih terasa panas jam segini” ia menoleh dan tersenyum “aku ingin menunggu senja dan melihatnya berakhir, mungkin ini adalah terakhir kalinya aku kesini, hehe..” ia tertawa.. “kamu ini, jangan bercanda, tetaplah berkunjung ke tempat ini, apa jadinya tempat ini tanpamu, tegakah kau melihatku kesepian.” Aku menatapnya. “jangan pernah merasa sendirian ram, ada senja yang akan selalu mengerti dirimu..” ia tersenyum.. aku terdiam. “rinjani, jangan pergi. Aku mohon.” Aku menggenggam tangannya. “ayolah, jangan murung. Aku hanya bercanda rama..” ia tersenyum “rinjani, jangan pernah katakan kau akan pergi, jangan pernah. Aku tak akan pernah sanggup mendengar kata-kata itu.” Aku memohon. “umur siapa yang tahu.” Katanya sambil tertawa.. “kita akan mati berdua disini saat kita sudah menjadi kakek dan nenek nanti.” Aku tersenyum dan ia menoleh. “seberapa besar sih arti hidupku untuk mu ram?”
Rinjani menghilang, sudah seminggu ia tak ke tempat ini, aku sudah mencoba menghubunginya tapi tak ada jawaban. Apa yang terjadi? Kemana rinjani? bagaimana kalau ia tak akan kembali? aku takut sesuatu yang buruk terjadi padanya. Ya tuhan.. apa yang terjadi?
Duduk sendirian memandang senja tanpa bersama rinjani itu rasanya berbeda. Hanya ada kesunyian tanpa canda tawa. Semuanya hilang mengikuti kepergian rinjani, bahkan senja tak menyapaku lagi, ia begitu cepat menghilang tak seperti hari-hari kemarin saat rinjani masih disini. Apa yang harus ku lakukan? Mana mungkin aku hanya diam. senja kau kan bersahabat dengan rinjani. Bisakah kau memberiku petunjuk? Aku benar-benar kehilangan arah sekarang…
Aku mencoba mendatangi kost-an yang ditinggalin rinjani, tapi ia tak ada disana, apa ia telah pindah? Kalau benar, mengapa? Saat aku termenung di depan pintu kost-an rinjani seseorang menghampiriku.. “hey nak sedang apa kau disini?” tanyanya. “saya mencari rinjani bu.” “rinjani? Ia…” ibu itu menghentikan kalimatnya. “rinjani kenapa bu?” ibu itu terdiam. “tolong jawab bu, rinjani itu penting untuk saya..” “nak! Jangan bersedih.. rinjani telah tiada..” ibu itu termenung. “apa? Tidak.. tidak mungkin. Jangan memberiku cerita bohong bu, tidak mungkin. Ia pindah kan? Ia sudah tidak tinggal disini?” “nak tenanglah, rinjani telah meninggal 3 hari yang lalu.” Aku terdiam tak menyangka. “apa penyebabnya? Tanyaku. “sakit, kanker otak. Ia telah mengidap penyakit itu selama 2 tahun. Dokter telah memvonis kematiannya 1 tahun yang lalu, tapi ia mampu bertahan selama ini dengan semua beban yang menimpanya, ia anak yang kuat nak, biarkan ia tenang disana tanpa ada beban yang harus ia pikul lagi..” ibu itu tersenyum.. “tapi bu, rinjani itu penting buat hidup saya.” Aku menangis.. “sudah nak, siapa namamu?” “rama bu..” “rama, hhmm, rinjani menitipkan ini padamu.” Ibu itu memberikan ku sepucuk surat. “surat? Untukku?” aku terdiam.. “iya surat untukmu dari rinjani, ibu tinggal kamu sendirian ya?” ibu itu tersenyum lalu pergi. Aku terdiam dan mulai membaca isi suratnya.
“Dear Rama…
I wanted a perfect ending. Now i’ve learned the hard way, that some poems don’t rhyme, and some stories don’t have a clear beginning, middle, and end. Life is about not knowing, having to change, taking the moment, and make the best of it, without knowing what’s going to next happen
Goodbyes are not forever, goodbyes are not the end. They simply mean i’ll miss you. Until we meet again.
Promise me, you’ll never forget me, because if i thought you would i’d never leave. Don’t cry because it’s over. Smile because it happened. Good bye rama, and please open your eyes, life is so long. I don’t really gone. I’m still here. In your heart.
Love Rinjani
Aku meneteskan air mata..
Rinjani apa jadinya mengamati senja tanpa dirimu. Ini seakan-akan kembali ke beberapa bulan yang lalu sebelum aku mengenalmu, aku akan merindukan sosok istimewamu, sosok wanita tegar, kuat, dan ceria. Aku tahu mungkin sekarang kau telah bahagia, telah benar-benar bahagia tanpa beban yang harus kau pikul lagi. Perkenalan denganmu mungkin akan tetap jadi memori indah dalam hidupku, selamat jalan rinjani, terimakasih atas pelajaran berharga yang kau berikan padaku.
- TAMAT -
sumber: http://cerpenmu.com

0 komentar:

Posting Komentar