Pages

Contoh Pidato dengan tema "Perjalanan Hidup"


Assalamualaikum,wr.wb..
Salam sejahterah bagi kita semua

Yang terhormat kepala SMP Negeri 20 Malang
Yang saya hormati bapak/ibu guru SMP Negeri 20 Malang
Dan yang saya banggakan siswa SMP Negeri 20 Malang

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena rahmatnya yang diberikan kepada kita sehingga dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Amin,
Para hadirin yang berbahagia,
Dalam kesempatan yang berbahagia ini izinkan saya sejenak untuk menyampaikan sedikit pidato yang bertemakan “Perjalanan Hidup” tentunya kata-kata ini sudah tak asing lagi di telinga kita bukan? hidup ibarat sederetan kata-kata yang hanya menyisakan sedikit spasi dan adakalanya kita butuh koma untuk mengistirahatkan perjalanan kita. Namun adakalanya kita butuh tanda tanya untuk mempertanyakan apa yang telah kita bangun dalam hidup kita namun kita juga butuh tanda seru untuk menentukan arah yang akan kita tembus dan pada akhirnya kita menemukan tanda titik yang berarti berakhir. Bagi saya kehidupan juga diibaratkan jeda dalam sebuah perjalanan maksudnya adalah
ketika kita dilahirkan ke bumi Tuhan yang Maha Esa telah memberi kan pesan kepada kita agar pergi ke suatu alamat yang telah diyakini-Nya merupakan tempat yang terindah yang kita yakini dengan nama surga namun Tuhan tak begitu saja lepas tangan membiarkan kita menempuh perjalanan itu tanpa memberikan liku-liku dan rintangan oleh sebab itu Tuhan memberikan jeda atau masa dimana kita diberi kebebasan tuk memilih jalan mana yang akan kita tempuh kita hanya butuh menembus dimensi waktu tuk nikmati sebuah jeda. Tak ada kisah tentang kehidupan yang terhindar dari air mata. Pernah sekali saya bertemu dengan seseorang yang baru saja mendapat musibah ayah dan ibunya meninggal karena kecelakaan tentu sebagai manusia pada umumnya dia tak bisa menghindari setiap air mata yang meluncur bebas membasahi pipinya namun tiga hari kemudian saya melihat anak tersebut tersenyum manis didepan saya...  saya bertanya padanya,” anda bisa tersenyum? Kenapa tidak larut dalam kesedihan? Sontak dia menjawab “ terkadang aku hanya butuh sebuah senyuman agar aku lebih terlihat bahagia dan aku hanya butuh do’a agar aku terlihat lebih kuat...” saya terdiam dan mulai mencerna setiap kata yang terlontar dari mulutnya. Hanya karena seseorang selalu tersenyum, tak berarti hidupnya sempurna itu hanya berarti dia pribadi penuh harapan dan kekuatan.
Hadirin yang berbahagia,
Ada hal-hal penting yang perlu kita perhatikan dalam menempuh sebuah perjalanan hidup :
1.      Pasti semuanya disini pernah merasakan yang namanya putus asa dalam menghadapi suatu masalah besar yang menghadang dalam kehidupan anda. Namun ingat orang berhasil hanya ada dua kemungkinan 50 persen ditentukan oleh doa dan usaha 50% ditentukan oleh kata-kata ketika kita mengucapkan sebuah kata-kata yang mematahkan semangat kita seperti “saya menyerah... sulit bagi saya... atau tidak mungkin ini mustahil” maka 50 % peluang kita untuk menjadi orang yang berhasil telah hilang. Seorang filsuf terbesar sepanjang sejarah bernama Aristoteles pernah berpesan “ janganlah berputus asa. Namun kalau Anda sampai berada dalam keadaan putus asa, berjuanglah terus meskipun dalam keadaan putus asa.

2.      Berfikir secara jernih dalam mengahadapi suatu masalah, korek api mempunyai kepala tetapi tidak mempunyai otak,jangan pernah menjadi manusia tanpa logika. Namun kita juga tidak boleh menjadi manusia yang disamakan seperti robot yang jenius tanpa perasaan. Kita tidak diwajibkan menjadi orang pintar tapi kita diharuskan menjadi orang cerdas, kita hanya perlu berfikir lebih banyak menggunakan otak kiri dibandingkan otak kanan. Karena kebanyakan orang pintar hanya menguasai di suatu bidang dan mendapatkan rata-rata nilai mendekati sempurna namun sangat disayangkan dengan sedikit bisikan dia mampu dihasut atau dibohongi orang. Jadi orang yang sempurna bukanlah orang dengan otak yang sempurna melainkan orang yang dapat mempergunakan sebaik-baiknya dari bagian otaknya yang kurang sempurna.

3.      Jangan jadi manusia instan yang mau mudahnya saja tapi jadilah manusia intan yang sukses karna proses. Semua disini harus percaya bahwa sesuatu yang didapatkan tanpa kerja keras pasti tidak bertahan lama. Jika kita mempunyai sebuah mimpi atau keinginan maka yang harus kita perhatikan bukanlah hasil akhirnya melainkan usaha kita karena semua tidak dinilai dari hasil akhirnya namun dari perjuangan kita dalam mencapai hasil akhir tersebut.
Dan masih banyak lagi...
Jadi kesimpulannya kita tidak perlu takut dalm menghadapi rintangan yang ada dalam perjalanan hidup kita yakinlah bahwa kita mampu menembusnya. Dalam berlayar kita tidak mungkin bisa mengubah arah mata angin tapi kita mampu merubah perahu layar yang kita tumpangi. Begitu pula dalam menghadapi kegagalan kita hanya butuh yakin bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Hidup ibarat roller coaster sebagian orang takut sebagian orang menikmati.
Demikian yang dapat saya sampaikan bila ada salah kata saya mohon maaf atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Assalamualikum,wr.wb

Karya: Titania Juniar

8 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus banet pidatonya aku terbantu banget makasih

Unknown mengatakan...

Thanks saya suka pidatonya menginspirasi!!

Unknown mengatakan...

Makasih banyak

Unknown mengatakan...

makasih broo

Unknown mengatakan...

Terinspirasi.

Unknown mengatakan...

keren banget, menginspirasi, dan TOP BGT

Unknown mengatakan...


Bagus ceritanya menginspirasi

Unknown mengatakan...

Wahh kereeeeeenn

Posting Komentar